Biaya Pondok Disesuaikan Dengan Kondisi Ekonomi Orang Tua

Dalam Pondok Pesantren Al-Qodiriyah, untuk masalah dana pondok yang dibebankan kepada santri tergantung dengan kondisi ekonomi orang tua. Maksudnya biaya operasional pondok yang ditarik kepada santri tidak disamaratakan, dari masing-masing santri berbeda dalam pembayaranya. Karena setiap santri itu tidak sama ekonomi orang tuanya. Meskipun demikian, masing-masing memiliki konsekwensi yang berbeda. Berikut klasifikasi dana santri di pondok;

  1. Type santri yang mampu wajib membayar penuh,
  2. Dana wajib santri300.000,00/bulan. Untuk tahun pelajaran 2016/2017, Rp.2.600.000,00.
  3. Fasilitas yang didapatkan; Almari/loker, air, listrik, wifi, untuk tidurnya menggunakan permadani dan minumnya dengan air pureit. Pembayaran 1 kali selama mondok. Makan,(1 hari 2 kali,pagi dan malam).
  4. Bila berhenti di pertengahan tahun, maka tidak dapat menarik kembali dana fasilitas yang sudh masuk.
  5. Type santri yang kurang mampu mendapat diskon dengan menunjukkan surat keterangan dari pemerintah setempat,
  6. Dana wajib santri300.000,00/bulan (didiskon sesuai kondisi dan kesepakatan)
  7. Fasilitas yang didapatkan; Almari/loker, air, listrik, wifi, untuk tidurnya menggunakan permadani dan minumnya dengan air pureit. Pembayaran 1 kali selama mondok. Makan,(1 hari 2 kali,pagi dan malam).
  8. Bila berhenti di pertengahan tahun, maka semua fasilitas seperti seragam yang telah diberikan dikembalikan lagi ke pondok untuk diberikan santrilain yang masih membutuhkan.
  9. Bagi santri yang diberi keringanan: Hanya di berlakukan untuk santri yang memiliki saudara kandung seperti halnya, kakak beradik. Tujuannya, agar orang tuanya tidak terlalu terbebani dalam hal pembayaran.
  10. Bagi santri yang meminta keringanan: Bagi santri yang kurang mampu, bisa meminta keringanan biaya, dengan cara berkonsultasi kepada Pengasuh atau petugas yang berkaitan.
  11. Bagi santri yang tidak mampu: Untuk santri yang tidak mampu, di bebaskan dari biaya apapun. Santri tersebut, biasanya istilah dalam Pondok yaitu ANAK NDALEM. Bebas semua biaya pondok namun uang jajan ditanggung sendiri.
  12. Bagi anak ndalem yang ingin mendapatkan uang saku di pondok maka telah disediakan beberapa pilihan pekerjaan, seperti ikut mengelola sampah, membantu kantin dalem, dan kerajinan.

Sekian penjelasan sekilas tentang keuangan pondok, untuk lebih jelasnya dipersilahkan berhubungan langsung dengan petugas keuangan pondok di sekretarian. Biaya akan berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan perubahan harga BBM.

Sekian terima kasih.

by: Pengurus Pesantren

 

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *