Santri at 21.00 WIB

         Seharian penuh dengan berbagai aktifitas, membuat wajah-wajah lelah santri  terlihat begitu pulas saat mata mereka mengatup. Dengan sederet lafal do’a yang dipanjatkan sebelum tidur, membuat mereka terlihat begitu menikmati rangkaian mimpi yang sedang mereka rajut dialam bawah sadarnya.

        Memang terlihat aneh bila dibandingkan dengan pesantren manapun yang seringkali menggunakan waktunya sampai larut malam untuk mengaji, hafalan, atau sekedar ngopi dan berbagi cerita. Lain halnya dengan sistem yang tengah berjalan di pondok pesantren Al Qodiriyah saat ini, pondok yang kini tengah berkembang pesat ini mewajibkan setiap santrinya tidur tepat waktu.

        Pada jam 21:00 WIB setiap santri diwajibkan untuk tidur, semua aktifitas benar-benar harus berhenti.  Setiap ruangan harus padam dari nyala lampu, kecuali beberapa tempat seperti, kantor admnistrasi yang memang harus menyiapkan uang tabungan sebagai jajan santri pada pagi hari.

       Mungkin banyak yang bertanya, “mengapa bisa berbeda?” nah jawabanya simple. Ternyata sistem ini memang sengaja diterapkan dalam pesantren Al-Qodiriyah dengan tujuan agar santri dapat menjaga daya tahan santri agar dapat melakukan aktifitas dihari selanjutnya dengan lebih baik, dan untuk menghindari rasa kantuk saat mengikuti aktifitas pembelajaran pada esok hari.

 

 

Writer By :

Silviatuz Zahro’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *