Dalam hidup berkelompok kita tak lepas dari namanya sistem pengorganisasian yang mencangkup segala bidang kegiatan bersama. Bicara mengenai berorganisasi yang pastinya melibatkan banyak pihak dan banyak kegiatan, membuat sejumlah komponen penting dalam organisasi harus dapat merancang berbagai kegiatan yang spesifik, mulai dari jadwal, tempat, dan sarana prasarana. Dan tentunya hal ini tidak lepas dari satu kegiatan yang dinamai dengan ‘Evaluasi’.

     Evaluasi sendiri memiliki arti yang luas dan mendalam, yaitu  suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya,dan bagaimana untuk mempersiapkan kedepanya. serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.

    Nah sangat penting dalam sebuah organisasi terpelajar khususnya “Pondok Pesantren” mengadakan evaluasi untuk mencangkup dan mengkoordinir kegiatan agar tetap berjalan sesuai yang di harapkan. Kegiatan ini pula yang diterapkan di Pondok pesantren yang tengah berkembang pesat seperti Al Qodiriyah. Pondok yang kini tengah menjadi sorotan karena perkembanganya yang cukup pesat, menerapkan ‘evaluasi’ sebagai salah satu acuan untuk tetap menjadikanya sebagai kiblat perkembangan pondok pesantren.

     Dapat diketahui bahwa evaluasi ini berpengaruh penting pada perkembangan suatu pondok.Pada evaluasi ini biasanya dipimpin oleh seorang atasan, apabila di pondok pesantren biasanya dipimpin oleh seorang “Lurah Pondok” dan diikuti oleh beberapa pengurus pondok yang secara khusus telah diberi mandat sebagai pembantu tugas seorang lurah pondok. Dengan begitu sistem dapat terus berjalan dengan baik, tanpa mengurangi kedisiplinan. Waktu dan cara kerjapun menjadi lebih terkondisikan.

Writer By :

Silviatuz Zahro’

One thought on “

  • February 4, 2018 at 5:40 pm
    Permalink

    Its like you read my thoughts! You seem to know so much about this, like you wrote the ebook in it or something.
    I think that you simply can do with some p.c.

    to power the message house a bit, but instead of that, this is great
    blog. A great read. I will certainly be back.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *